Friday, July 25, 2014

Pawang Ternalem

Cerita Pawang Ternalem berkisah tentang seorang anak yang tidak diakui oleh komunitasnya, karena ia lahir pada hari buruk. Kepercayaan masyarakat di Desa Liang Melas saat itu menyebutkan sang anak akan membawa sial. Tidak hanya pada dirinya, tapi juga pada kampungnya. Ia pun harus dibunuh. Dikisahkan, saat Pawang Ternalem (Darmawan Sinurya) lahir, kedua orangtuanya meninggal seketika, hingga ia tidak memiliki pengasuh. Beruntung ada seorang penduduk yang mau mengasuh anak kecil itu di tengah tekanan untuk menghilangkan nyawanya. Namun, sang Bibi yang mengasuh itu juga tidak kuat dari tekanan masyarakat setempat yang meminta agar anak itu cepat dibunuh. Pawang Ternalem sempat dilempar dikubangan lumpur yang banyak kerbau, agar ia tewas terinjak-injak oleh kerbau. Tapi tak ada kerbau yang mau menginjaknya. Ia juga ditelantarkan di kolong rumah adat yang penuh babi. Tapi, ternyata babi-babi itu malah merawatnya. Adalah kelompok Perlanja Sira yang membawanya ke sebuah hutan dekat Langkat. Di hutan itu ia ditinggalkan kafilah pedagang. Namun, ia ditemukan oleh seorang sakti penguasa hutan, Datuk Rubia Gande. Datuk membesarkan Pawang Ternalem, termasuk mengajarkan kemampuan kanuragan. Suatu ketika, di Desa Jenggi Kemawar terjadi musibah. Beru Patimar (Adeline Bangun), putri kepala kampung, menderita penyakit misterius. Tak ada dukun dan obat yang mampu menyembuhkannya. Satu-satunya pengharapan hanya pada madu yang ada di pohon Tualang Simande Angin. Sebuah pohon keramat yang tidak ada orang yang mampu memanjatnya. Kepala kampung Jenggi Kemawar mengadakan sayembara. Siapa yang mampu memanjat Tualang Simande Angin, dan mengambil madu untuk putrinya, maka ia akan menikahkan putrinya pada pemuda itu. Pawang Ternalem pun ditugaskan Datuk Rubia Gande untuk mengambil madu. Tapi, sebelum berangkat, Datuk mengubah wajah Ternalem jadi seperti babi. Singkat cerita, Ternalem berhasil mengambil madu di pohon keramat itu. Meski banyak orang yang mati, gagal menaiki pohon. 

 Pawang Ternalem, kisah anak buangan yang kemudian menjadi pawang (orang hebat) versi drama Karo yang dikarang seniman besar Karo tahun 1980-an, Hendri Bangun. Cerita ini ternyata diangkat dari kisah nyata kehidupan masyarakat Karo tempo doeloe. Cerita itu mengisahkan seorang bayi yang dibuang karena ibunya meninggal ketika melahirkannya. Paradigma orang Karo kala itu, bayi itu harus dibuang, karena bila diasuh maka akan membawa sial bagi keluarganya. Seperti kisahnya Pawang Ternalem, kematian ibunya kemudian disusul oleh ayahnya. Yang akhirnya ia dibuang di bawah kolong rumah (teruh karang). Ia kemudian hidup dan menyusui pada anjing dan babi.

Cerita rakyat Karo menunjukkan bahwa kelahiran bayi yang membawa kematian ibunya adalah bayi sial. Bayi ini dianggap pembawa malapetaka atau disebut `tendi nunda". Kebiasaan jaman dahulu, bayi- bayi seperti Pawang Ternalem ditaruh disisi mayat ibu nya seolah-olah menyusui pada ibunya kemudian ditelungkupkan sehingga mayat ibu menindih si bayi sehingga ia pun mati. Biasanya hal ini dilakukan secara diam-diam. Atau biasa juga di taruh di pintu gerbang kampung sehingga meninggal terinjak rubia-rubia. Bila pihak keluarga tidak tega melakukan hal yang tergolong `pelanggaran HAM" berat itu, paling- paling si bayi di taruh di teruh karang.
Tragedi itu sudah berlalu ratusan tahun yang lalu, sebelum terjadi pencerahan yang dimotori oleh para Missionaris yang datang ke Tanah Karo. Suatu ketika, peristiwa ini dialami sendiri oleh Pendeta J.K. Wijngaarden di daerah pelayanannya sekitar tahun 1920-an. Selain sebagai seorang pendeta, ia juga seorang mantri yang sering mengobati orang. Keahlian di bidang kesehatan adalah entry point baginya untuk menarik minat masyarakat belajar tentang agama. Sebab dataran tinggi Karo waktu itu sering sekali diserang wabah kolera dan kusta yang tidak man jur diobati oleh Guru Mbelin. Dalam peristiwa itu, ia melihat bagaimana pihak keluarga tidak mengharapkan kehadiran bayi `sial" itu. Lantas, atas persetujuan semua pihak, Wijngaarden kemudian mengadopsi anak itu lalu ia beri nama Sangap. Akhirnya beberapa waktu kemudian Sangap pun dibabtis, dan terakhir ia kemudian menjadi guru agama. Untuk menanggulangi kasus seperti Sangap, tahun 1925 Rumah Sakit Zending mendirikan panti penitipan bayi. Pada tahun 1926 terdapat lebih 100 orang bayi dirawat ditempat ini. Artinya, banyak sekali terjadi kasus ibu yang meninggal di saat melahirkan.
Ketika Sangap sang pawang ternalem menjadi guru agama, ia tidak menjadi berita besar seumpama Romulus dan adiknya. Tetapi ia telah menjadi icon perubahan besar bagi orang Karo. Perubahan paradigma! Bahwa ibu yang meninggal tidak ada hubungannya dengan takdir seseorang melainkan faktor kesehatan. Pergolakan itu sangatlah besar. Missionaris b erperang dengan roh-roh para dukun, dan gunjingan orang yang belum memahami tentang itu.

Sekilas tentang Romulus dan Remus saudaranya : Romulus dan saudaranya Remus Kisahnya, kira-kira tahun 753 SM membangun permukiman Palatine di Italia. Dan itulah cikal bakal kota Romawi. Bila saja mereka hidup sekarang, pastilah mereka takjub melihat kemegahan kota Roma. Salah satu kota pusat peradaban dunia, pusat pemerintahan, dan belakangan menjadi pusat perhatian dunia berhubungan dengan Vatikan. Menurut sejarah Romulus dan saudaranya adalah orang buangan. Mereka dibuang ke hutan oleh ibunya, dan konon mereka disusui oleh serigala sehingga akhirnya ditemukan dan diasuh oleh Faustulus seorang penggembala sampai akhirnya mereka dewasa.

Sumber : berbagai informasi

No comments:

Post a Comment